Beasiswa Unggulan BPKLN untuk Indonesia yang Lebih Baik

BU bpkln

Beasiswa Unggulan (BU) adalah suatu program beasiswa yang dikelola oleh Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri (BPKLN) dibawah naungan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (KEMENDIKBUD).  Tersedia beasiswa S1/S2/S3 bagi mahasiswa dalam maupun luar negeri yang sumber dananya berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Nasional (APBN). Program ini telah berjalan sejak tahun 2006 hingga sekarang.

BU merupakan jenis beasiswa prestasi yang tentu hanya tersedia bagi mereka yang kompeten dan dinilai layak mendapatkannya. Pendaftaran BU ini dapat dilakukan secara mandiri via online, maupun melalui pengelola beasiswa yang tersedia dikampus  yang ditunjuk. Universitas Internasional Batam (UIB), dimana saya menimba ilmu saat ini adalah salah salu pengelola BU yang mendapat wewenang dari BPKLN.Saya Endah Riwayatun, mahasiswi semester 5 Program Studi Akuntansi di UIB, adalah penerima program BU sejak awal masa kuliah pada tahun 2011. Untuk mendapatkan Beasiswa Unggulan ini tidaklah mudah, persyaratan utama adalah memiliki sertifikat perlombaan tingkat provinsi atau nasional, selain nilai Ujian nasional (UN) yang harus diatas 7,5. Untungnya saya memang sudah mempersiapkan hal-hal tersebut sejak dibangku Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Target saya sejak SMK adalah mendapatkan beasiswa dari pemerintah yang menanggung full biaya pendidikan saya selama kuliah.

Harapan bukan sekedar harapan, selama duduk dibangku SMK saya mengikuti berbagai perlombaan dari tingkat kota, provinsi, hingga nasional, dan memenangkan beberapa perlombaan diantaranya Karya Cerpen Terbaik se-Sumatra, Juara 2 Lomba Graphic  Design tingkat Provinsi Kepri, dan Peserta Olimpiade Sains Terapan Nasional ke-3 Bidang Matematika Teknologi. Selain itu, semasa sekolah saya juga aktif dalam organisasi islam di SMK Negeri 1 Batam. Berbekal berbagai hal tersebut, akhirnya saya berhasil mendapatkan BU ini.

Selama masa perkuliahan, BU memotivasi saya dan penerima BU lainnya untuk tetap mempertahankan prestasi. Dalam hal ini saya pun mempertanggungjawabkan beasiswa yang diberikan kepada saya dengan tetap aktif dari sisi akademik maupun non-akademik. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) saya adalah 3,71 , saya juga pernah menjabat sebagai Ketua Unit Kegiatan Mahasiswa Paduan Suara UIB. Bersama tim paduan suara, saya pernah meraih juara 1 dalam Pekan Seni Mahasiswa Daerah Provinsi Kepri Bidang Paduan Suara, juga sering tampil dalam acara internal kampus dan eksternal atas undangan instansi pemerintahan maupun instansi swasta. Saya juga pernah mengikuti perlombaan Proposal Kreatifitas Mahasiswa tahun 2012 dan 2013. Diluar itu saya juga hobi blogging dan pernah mengikuti kompetisi menulis informal, yaitu lomba menulis artikel yang diadakan salah satu indoor-theme-park terbesar di Indonesia.

Target saya pada tahun 2014 adalah mengikuti salah satu konferensi pemuda internasional yang akan diadakan di Filipina. Untuk dapat mengikuti konferensi internasional tidaklah mudah, calon peserta  yang berasal dari berbagai negara dan universitas harus melewati tahap seleksi yang diadakan oleh penyelenggara. Konferensi biasanya mengangkat suatu issue yang sedang santer di seantero dunia, dan lolos atau tidaknya calon peserta ditentukan oleh tulisannya berkaitan dengan topik yang akan diangkat dalam konferensi tersebut.

Untuk jangka pendek, manfaat yang diberikan BU adalah memberikan kesempatan dan memotivasi generasi penerus bangsa untuk mengenyam pendidikan yang lebih tinggi. Namun lebih dari itu, dalam jangka panjang begitu banyak manfaat yang akan kita dan negara ini dapatkan dari program BU yang berkelanjutan. Pendidikan yang lebih tinggi membuat pemikiran generasi muda lebih cerdas, pendidikan yang lebih tinggi juga mengarah pada kehidupan yang lebih layak. Seiring berjalannya waktu, tenaga yang berpendidikan akan mengurangi angka pengangguran, dan otomatis akan sejalan dengan menipisnya angka kemiskinan di negeri yang kaya akan Sumber Daya Alam (SDA) ini.

Jika sekelebat terlintas dalam fikiran kita tentang bagaimana masa depan Negara Indonesia tercinta 30-50 tahun mendatang, maka pasti kita akan mengetahui bahwa generasi pemuda saat inilah yang akan memimpin negara pada saat itu. Adanya pemberian berbagai macam beasiswa, seperti  Beasiswa Unggulan, Beasiswa Bidikmisi, Beasiswa Pemerintah Provinsi dan berbagai macam beasiswa yang diberikan instansi pemerintah pusat dan daerah maupun swasta lainnya dapat mendongkrak kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia. Jika semua hal positif ini mulus dalam perjalanannya, bukan hal mustahil jika 30 atau 50 tahun mendatang Indonesia akan menjadi Negara yang disegani di Asia Tenggara, atau bahkan di Asia dan dimata dunia.

Berkaitan dengan Asean Community 2015, yaitu suatu kerjasama negara-negara ASEAN yang ditargetkan akan tercapai pada tahun 2015. Kerjasama ini berupa interaksi tanpa batas boundaries yang berdasar pada tiga pilar, yakni pertahanan-keamanan, ekonomi, dan sosial-budaya. Wujud kerjasama dapat berupa pertukaran barang dan jasa, transfer pengetahuan, transfer teknologi, bahkan pertukaran tenaga kerja yang bebas. Pendidikan akan menjadi investasi penting dalam rangka pematangan SDM guna menghadapi program Asean Community, disinilah peran penyelenggara beasiswa dalam mendongkrak kualitas SDM Indonesia agar tidak kalah oleh arus globalisasi seiring berjalannya program ini mulai tahun 2015 kelak.

Untuk Indonesia yang lebih baik, peran penyelenggara beasiswa hanyalah sebagai fasilitator, namun pemeran utamanya adalah kita, generasi muda, mahasiswa yang semiliki semangat untuk terus maju. Nasib Indonesia 50 tahun mendatang ada ditangan kita, maka ambillah bagian dalam proses perkembangan negara ini. Belajar dengan sungguh-sungguh, tingkatkan prestasi akademik maupun non-akademik, bersiaplah menjadi SDM yang unggul agar dapat terus maju di era globalisasi yang menimbulkan persaingan ketat dalam segala bidang kehidupan.

Oleh : Endah Riwayatun (1142074) Universitas Internasional Batam

Penerima Beasiswa Unggulan BPKLN Tahun 2011-Sekarang

2 thoughts on “Beasiswa Unggulan BPKLN untuk Indonesia yang Lebih Baik

    • proposal itu maksudnya proposal skripsi.dalam form pendaftaran memang kita akan ditanya topik skripsi/thesis/desertasi kita nantinya apa. proposal itulah yang menjelaskan lebih spesifik tentang topik skripsi yang akan kita ambil kedepannya (jika ingin mendaftar S1). kalu punya saya kebetulan proposalnya sudah tidak ada back up nya di saya, tapi form pendaftarannya masih ada. kalau mau liat boleh email saya di eway13th@yahoo.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s