International Youth Leaders Summit 2014

iyls2014

Here is upcoming international conference we should joined guys

Sekilas baca terlihat mepet ya deadline registrasinya?

Sebelum banyak komentar, bagi yang tertarik sama konferensi seperti ini, monggo di download dulu informasi lengkap tentang International Youth Leaders Summit 2014.

Setelah download dan baca, jika minat silahkan daftar tanpa ragu, siapa tau kita ketemu dikonferensi itu februari nanti🙂 AMIIN.

Bagi yang sibuk bahkan tidak sempat membaca, berikut opini saya tentang justifikasi konferensi ini.Seperti kita tahu bahwa sudah sejak 8 Agustus 1967 berdiri organisasi penyatu negara-negara asia tenggara bernama Association of South East Asian Nations (ASEAN), bahkan Indonesia merupakan salah satu pencetus berdirinya organisasi ini.

Zaman kita sekolah dulu, yang kita perlu tahu dan hafal adalah tanggal berdirinya ASEAN,  nama-nama perwakilan negara yang mencetuskan berdirinya ASEAN, dan siapa saja anggotanya. Seiring waktu berlalu kita pun tumbuh menjadi dewasa, kebetulan penulis merupakan salah satu mahasiswi di perguruan tinggi swasta di Batam, Kepulauan Riau bernama Universitas Internasional Batam.

Yang harus seorang mahasiswa ketahui tentang ASEAN bukan lagi hal-hal historical seperti hafalan semasa sekolah, tetapi lebih pada implementasi dikehidupan dan apa imbasnya untuk kita. Sudah beberapa tahun belakangan ini selalu santer dibicarakan mengenai Asean Community 2015. Sebenarnya landasan dari semua ini sudah dibangun sejak november 2007 dengan ditandatanganinya ASEAN Charter, yang berisi seperangkat aturan untuk mencapai Visi “One Vision, One Identity, One Community.”

Asean Community 2015  itu sendiri bermakna integrasi antar negara ASEAN menjadi suatu komunitas padu yang tidak terhalang oleh batas-batas teritorial. Bisa disimpulkan akan adanya “pertukaran bebas” disini. Dimana kerjasama terdiri atas 3 pilar utama, yakni Ekonomi, Politik, dan Sosial-Budaya.

Dalam dunia pendidikan, tentu saja kita akan terkena imbas langsung dari program Asean Community ini. Terlebih tempat penulis tinggal adalah daerah perbatasan yang hanya butuh waktu 1jam  untuk melintasi batas negara. Dahulu mungkin pertukaran pelajar atau mahasiswa masih sangat minim jumlahnya antar negara ASEAN, dan tentu saja masih terlihat mewah bagi mayoritas kalangan.

Dengan adanya Asean Community ini, kita harus bersiap untuk ikut andil dalam internasionalisasi dunia pendidikan Indonesia. Bukan hal aneh jika 5 tahun mendatang begitu banyak mahasiswa Indonesia yang belajar dinegara-negara ASEAN dan juga sebaliknya bukan merupakan hal yang spesial, bahkan merupakan kebiasaan yang timbul akibat menyatunya kita melalui komunitas ASEAN ini. Yang harus kita persiapkan sejak dini agar tidak tergerus perkembangan zaman adalah menjaga daya saing kita dimata internasional.

International Youth Leader Summit 2014 ini membuka wawasan kita lebih luas tentang Asean Community dari sisi mahasiswa dan apa aksi kita dalam pemberdayaan generasi menghadapi Asean Community 2015. Disana kita juga akan mengasah jiwa kepemimpinan kita dengan menyampaikan gagasan dan opini perubahan untuk ASEAN yang lebih baik. Selain itu kita dapat memperoleh koneksi mahasiswa dari berbagai negara yang akan memperluas jaringan pergaulan dan sarana tukar informasi dan budaya.

Informasi inti yang mungkin teman-teman ingin tahu adalah biaya konferensi ini. USD 175 sudah termasuk biaya hotel dan akomodasi selama di filipina, namun tidak termasuk tiket pesawat. informasi lebih detil silahkan klik International Youth Leaders Summit 2014.

Demikian informasi dari saya, semoga bermanfaat. Yang berminat mendaftar silahkan komentari tulisan ini, mungkin kita bisa sharing lebih jauh.

Salam damai, Assalamu’alaikum🙂

2 thoughts on “International Youth Leaders Summit 2014

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s