Seuntai Puisi di Bulan Januari

Si Ratu Semut

ant queen2

Puas? Tentu tidak!

Aku bagaikan ratu semut

Sangat berkuasa dikerajaannya

Namun tak ubahnya butiran debu diluaran sana

Gelinding kerikil dapat membunuhku

Bahkan angin sepoi mampu terbangkanku

Aku bukanlah hal yang pantas

Untuk mendapat perhatian dunia

Mahkota ratu hanyalah perhiasan kelabu

Kekuasaan kecil tidaklah cukup untuk dunia sebesar ini

Alam yang baru kutapaki sepersekian juta luas tanahnya

Langit yang baru kulihat satu siklus fajar dan senjanya

Akulah si ratu semut

Aku berkuasa aku kuat

Aku dipuja akulah segalanya

Dikerajaan semut, bukan dunia yang kini kutinggali!

Kian jauh ku melangkah kian ciut rasa hati

Tatapan tajam mengiringi langkahku

Senyum kecut pun kadang menyertai

Hingga kusadari aku kian mengecil dan mereka kian membesar

Haruskah aku kembali?

Kembali pada kerajaan semutku yang sederhana

Dimana aku dipuja dan dielukan

Dan berbalik dari dunia besar yang amat aku impikan

Kerajaan semutku gelap dunia ini terang

Kerajaan semutku sempit dunia ini luas

Rakyat semutku sederhana rakyat dunia ini begitu gemerlap

Rakyat semutku sosialis rakyat dunia ini individualis

Segalanya terasa sukar untuk difikirkan terlebih dijalani

Namun akan kutapaki satu demi satu rangkaian kehidupan ini

Seorang ilmuwan pun akan mulai berjalan dengan merangkak

Mulai berhitung dari angka 1 sebelum ia menjadi ilmuwan yang hebat

Kini gelinding kerikil adalah kendaraanku

Angin sepoi hembuskanku ketempat yang lebih tinggi

Si ratu semut pun bermimpi

Mimpi akan perhatian dunia besar ini terhadapnya

Aku si ratu semut

Ragaku rapuh namun jiwaku kuat

Langkahku kecil namun semangatku besar

Semangat untuk maju dan membuat dunia kagum melihatku!

Oleh: Endah Riwayatun

Senin, 6 Januari 2014

2 thoughts on “Seuntai Puisi di Bulan Januari

Leave a Reply

