Cara Mudah Menghitung Jumlah Kata dalam Ms. Word 2003, 2007, dan 2010

word count cover

Pelajar dan mahasiswa pasti pernah mengalami saat dimana mereka harus membuat suatu karya tulis yang telah ditentukan batasan minimal atau maksimal jumlah kata. Contohnya  ketika saya mengikuti lomba menulis cerita pendek di suatu acara pentas seni (pensi) saat saya duduk dikelas 2 SMK, panitia menentukan aturan “maksimal 1000 kata”. Saat itu tahun 2010, kebetulan komputer dirumah saya masih menggunakan Ms. Office 2003. Saya tidak tahu di Ms. Word 2003 ada layanan menghitung jumlah kata otomatis atau tidak, bahkan saya tidak tahu kalau jumlah kata bisa dihitung secara otomatis. Secara saya tidak familiar dengan aktivitas menghitung jumlah kata.

Selama menduduki masa kuliah, kebutuhan akan menghitung jumlah kata semakin meningkat, seiring makin banyaknya karya tulis tugas kuliah maupun karya tulis non-kuliah yang harus saya kerjakan yang berembel-embel “minimum xxxx kata” atau “maksimum xxxx kata”. Salah satu yang harus kami (saya dan rekan tim terbaik saya) kerjakan dalam waktu dekat ini adalah:

menghitung jumlah kata

Tulisan yang berada dilingkaran merah adalah jumlah kata yang ditentukan. Bagaimana caranya saya mengetahui tulisan yang saya buat telah memenuhi kriteria penulisan tersebut atau belum? Apakah dengan hitung manual satu per satu kata? Bisa saja sih, namun mungkin laptop saya keburu lowbat dan mati total kalau harus nunggu saya selesai hitung 3000 kata. Dengan hitung manual pun kita tidak bisa meyakinkan bahwa hasil perhitungan kita akurat, mungkin terlewat 1, 10, atau bahkan 100 kata.

Ketika akan mengerjakan project yang ada penentuan jumlah kata, saya pun berinisiatif untuk menulis artikel ini. Siapa tahu diluar sana ada rekan yang membutuhkan informasi “Bagaimana cara menghitung jumlah kata di Ms. Word” Cara menghitung jumlah kata adalah dengan menggunakan salah satu feature yang disediakan Ms. Word, yaitu Word Count . Langkah-langkah yang akan saya uraikan ter bagi atas 3 jenis, yaitu word count di Ms. 2003, 2007, dan 2010. Uraian lebih lanjut adalah sebgai berikut.

1.       Word Count di Ms. Word 2003

  • Blok tulisan yang ingin dihitung jumlah kata-nya.
  • Pilih menu Tools >> Word Count.
  • Kotak dialog baru akan muncul untuk menunjukkan jumlah kata, karakter, paragraf, bahkan jumlah baris dari tulisan kita.

tuto 01 d 2003

  • Jika ingin menghitung notes juga, checklist pada ‘include footnotes and endnotes’.

 

2.       Word Count di Ms. Word 2007

  • Blok tulisan yang ingin dihitung jumlah kata-nya.

tuto 01 a

  • Pilih menu Review >> Word Count

tutu 01 b

  • Tampillah hasil perhitungan jumlah kata, karakter, paragraf, bahkan jumlah baris tulisan kita

tuto 01 c

  • Jika ingin menghitung notes juga, checklist pada ‘include footnotes and endnotes’.

3.       Word Count di Ms. Word 2010

Cara menampilkan jumlah kata di Ms. Word 2010 juga merupakan alternatif cara di Ms. Word 2007, jadi cara dibawah ini bisa diterapkan di Ms. Word 2007 maupun 2010.

  • Blok tulisan yang ingin dihitung jumlah kata-nya, bisa sebagian atau seluruh tulisan. Jika ingin menghitung keseluruhan tulisan, tidak perlu di blok juga bisa.
  • KIik-kanan di Status Bar yang terletak dibagian bawah layar Ms. Word.

tuto 01 e 2010b

  • Karena saya hanya mem-blok sebagian tulisan, maka tampilan pada word count adalah 107/449. Maksudnya adalah jumlah kata yang saya blok adalah 107 dari keseluruhan 449 kata.

Demikian yang dapat saya sampaikan ke rekan-rekan, semoga bermanfaat untuk pembaca. Terutama yang merupakan pelajar, mahasiswa, pekerja, maupun blogger, karena profesi-profesi inilah yang kerap berhadapan dengan keperluan untuk menghitung jumlah tulisan. Thanks for reading ^_^

NB: Tulisan ini merupakan tulisan saya sendiri, dimana Word Count 2003 dan 2010 ditulis dengan  mengacu pada referensi Word Count 2003 dan Word Count 2010 dan sumber logo word count~1000 disini.

42 thoughts on “Cara Mudah Menghitung Jumlah Kata dalam Ms. Word 2003, 2007, dan 2010

  1. Ana says:

    thanks infonya,tp bisa ga yaa klo di buat otomatis gitu…jd kita g mesti harus buka word count,tp d bawah text itu sdh ad tulisan jumlahnya saat text kita block

    • wah kalau di ms. word 2007 sih biasanya di bagian bawah ms word nya sudah otomatis muncul mba ana. Hanya saja itu cuman hitung jumlah kata, bukan detail dengan karakternya,

  2. Terima kasih untuk tutorialnya yang sangat bermanfaat, kebetulan saya lagi cari informasi cara menghitung kata di ms.word karena mau bikin banyak artikel yang tiap artikel minimal harus mengandung 500 kata.

  3. Ini pelajaran yang sangat bermanfaat, terutama buat penulis yang ingin mengetahui jumlah kata yang ia tuliskan.
    Terima kasih atas uraiannya yang sangat jelas ini, karena saya juga lagi mencari artikel seperti punya agan guna menambah wawasan saya dalam belajar.

Leave a Reply

