Menggulung Kabel Charger dan Gadget dengan Benar

Assalamu’alaikum wr.wb., salam sejahtera untuk kita semua.

Topik bahasan saya kali ini adalah kabel. Kabel sangat berguna dikehidupan kita. Bisa bayangkan kalau kita hidup tanpa suatu benda bernama kabel? mungkin kita harus menempelkan handphone (HP) kita di stop kontak yang menempel didinding bila ingin men-charge HP, atau lebih lucu jika menyetrika pakaian dengan posisi setrikaan yang menempel distop kontak dan kita menggeser-geserkan pakaian kita agar halus. Berterimakasihlah pada penemu kabel yang bahkan kita tidak tahu siapa namanya, karena penemu barang-barang yang tidak terlalu “inti” terkadang kurang dihargai, namun justru tanpa benda penemuannya hidup kita bisa berantakan.

Terus apa pentingnya membahas cara menggulung kabel charger dan gadget yang benar? “hal kayak gini mah nenek salto juga tau” mungkin begitulah respon orang yang serba tahu akan segala hal didunia ini.🙂

Kabel sangat luas ruang lingkupnya, saya hanya konsentrasi dengan kabel yang paling sering kita gunakan dikehidupan sehari-hari, khusunya charger HP/smartphone/tablet, kabel data, dan earphone. By the way sebelum kita membahas lebih jauh , bagaimana cara pembaca menggulung kabel? apakah seperti gambar dibawah ini?

cara menggulung kabel yang salah

Tidak ada yang bisa melarang anda menggulung kabel seperti itu, namun disini saya akan menyarankan hal yang lebih baik. Apasih gunanya kita membiasakan menggulung kabel dengan benar? Seperti kita tahu, kabel charger yang biasa kita pegang (berwarna hitam) hanyalah pelapis luarnya saja. Bagian kabel yang berfungsi untuk menghantarkan energi listrik ke gadget kita adalah serabut tembaga berwarna keemasan yang berada didalamnya. Apabila kita menggulung kabel charger terlalu kencang seperti contoh diatas, bisa menyebabkan putusnya serabut tembaga. Terdapat banyak serabut, namun satu saja putus akan menyebabkan charger kita tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Berikut tips dari saya:

menggulung kabel

  1. Mulai menggulung kabel dengan menggunakan bantuan jari jemari tangan kanan untuk merapikan, hal ini juga dilakukan agar gulungan tidak terlalu kencang dan tidak membuat serabut tembaga cepat putus (lihat gambar diatas).
  2. Agar gulungan tidak mudah lepas, gunakan pengikat berupa kawat pengikat kabel atau karet gelang jika tidak ada. Hal ini bertujuan agar kabel dapat disusun dengan rapi atau tidak seliweran apabila disimpan didalam tas.

Nah berikut adalah contoh gulungan kabel data, earphone, dan kabel charger yang benar:

contoh gulungan kabel yang benar

Terlihat lebih rapi bukan?

Secanggih apapun gadget kita tanpa charger, bagaikan taman tak berbunga (#kidding), karena kita pasti akan repot untuk meminjam charger teman atau kerabat sambil menunggu waktu kita sempat membeli charger baru. Belum lagi jika kita mempunyai HP antik yang chargernya sudah tidak dijual dipasaran, contohnya HP seri lama yang layarnya masih hitam putih atau monokrom. Jika merk HP itu N*kia mungkin masih tersedia dipasaran, namun jika merk-merk lain? saya yakin jarang sekali, pasti akan sulit mencari pengganti charger apabila rusak. Sayang kan jika HP atau gadget yang masih berfungsi harus dinon-aktifkan gara-gara charger yang rusak? tunggu apalagi, biasakan kebiasaan baik dari sekarang ya.🙂

Sekian, semoga bermanfaat. Thanks for reading. Wassalamu’allaikum wr. wb.

NB: Tulisan dan gambar adalah asli hasil karya pribadi. Terima kasih untuk meminta ijin penulis sebelum menjiplak sebagian atau seluruh isi tulisan.

8 thoughts on “Menggulung Kabel Charger dan Gadget dengan Benar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s