Daftar Ulang Akuntan Beregister Negara

PMK 25 tahun 2014

Assalamu’allaikum wr.wb., salam sejahtera untuk kita semua.

Siang hari ini saya akan sharing knowledge tentang materi bacaan saya disebuah majalah kepada rekan-rekan.

Informasi ini akan sangat berguna apabila anda adalah seorang akuntan beregister negara (memiliki gelar Ak.). Terdapat informasi baru sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No 25/PMK.01/2014 tentang Akuntan Beregister Negara yang dikeluarkan pada 3 Februari 2014 dan diundangkan sehari kemudian. PMK ini otomatis menggantikan ketentuan sebelumnya, yakni KMK No. 331/KMK.017/1999 tentang penyelenggaraan Pendaftaran AKuntan pada Register Negara.

Dalam peraturan tersebut, seluruh akuntan yang telah terdaftar dalam Register Negara Akuntan, bahkan di Kementrian Keuangan pun wajib mendaftar ulang dalam jangka waktu tiga tahun. Sebelum kita berbicara lebih jauh, lebih baik saya jelaskan dulu beberapa poin berikut ini berdasarkan PMK No 25/PMK.01/2014 :

Apa yang dimaksud Akuntan Beregister Negara?

Akuntan Beregister Negara (ABN) adalah akuntan yang masuk dalam suatu daftar yang memuat nomor dan nama orang yang berhak menyandang gelar akuntan sesuai dengan peraturan ABN yang berlaku.

Apa syarat untuk mendaftar sebagai ABN?

1. Lulus pendidikan profesi akuntansi atau lulus ujian sertifikasi akuntan profesional

2. Berpengalaman dibidang akuntansi

3. Terdaftar sebagai anggota Asosiasi Profesi Akuntan

Apa gelar yang akan didapat?

Jika kita telah menjadi ABN, kita akan mendapatkan Piagam Register Negara AKuntan dan memperoleh gelar Akuntan, atau disingkat “Ak.” Piagam merupakan pengakuan kepada seseorang yang memiliki kompetensi dan profesionalisme dibidang akuntansi dengan memenuhi peraturan ABN yang berlaku.

Apa benefit yang didapat?

Seseorang yang telah menyandang gelar akuntan dapat melakukan pekerjaan yang berkaitan dengan akuntansi dan pelaporan keuangan. Akuntan yang telah teregister juga dapat mendirikan Kantor Jasa Akuntansi (KJA) setelah memenuhi segala persyaratannya untuk memberikan jasa dibidang akuntansi,  namun bukan  jasa asurans.

Apa saja jasa yang bisa diberikan KJA?

Jasa yang dapat diberikan oleh KJA adalah jasa pembukuan, jasa kompilasi laporan keuangan, jasa manajemen, akuntansi manajemen, konsultasi manajemen, jasa perpajakan, dan jasa sistem teknologi informasi, kecuali jasa asurans.

Nah sekarang mari kembali ketopik utama yaitu daftar ulang ABN.

1. Latar Belakang

Peraturan ini terbit atas dasar menjadi salah satu persiapan dalam menghadapi Asean Economic Community (AEC) 2015. Selain itu juga ditujukan untuk penataan profesi akuntan dalam menyambut globalisasi profesi. Seperti kita ketahui bersama bahwa AEC merupakan komunitas negara-negara Asia Tenggara yang tergabung dalam ASEAN demi terwujudnya ekonomi yang terintegrasi. AEC akan membangun system single market dimana negara-negara yang tergabung dalam komunitas terbuka untuk mengadakan perdagangan barang, jasa, investasi, modal dan tenaga kerja, dan akuntan adalah salah satu objeknya.

2. Cara Daftar Ulang

Akuntan yang telah terdaftar pada Register Negara Akuntan sebelum PMK ini diterbitkan wajib melakukan registrasi ulang dalam jangka waktu 3 tahun sejak berlakunya PMK Akuntan ini. Adapun registrasi ulang dapat dilakukan dengan mendaftarkan diri ke Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) dengan memenuhi persyaratan pendaftaran sebagai berikut:

– Kopi Piagam Register Negara Akuntan atau surat keterangan terdaftar dalam Register Negara Akuntan.

– Kopi kartu anggota Asosiasi Profesi Akuntan yang masih berlaku atau bukti keanggotaan lainnya.

– 2 lembar foto berwarna ukuran 4 x 6 dengan latar belakang putih.

– Formulir registrasi ulang sebagaimana tercantum dalam Lampiran VIII PMK.

Berkas dapat daftarkan secara online ke IAI Lounge ataupun langsung dikirimkan ke alamat Jl. Sindanglaya No.1 Menteng, Jakarta Pusat – DKI Jakarta, 12980. Jika kita telah terdaftar sebelumnya, pihak IAI menyarankan untuk mendaftarkan dengan cara mengirimkan berkas langsung ke alamat IAI tersebut.

Perlu diingat bahwa jika ABN yang terdaftar sebelum PMK ini terbit tidak melakukan registrasi ulang hinggan 3 Februari 2017, maka piagam Register Negara Akuntan dinyatakan TIDAK BERLAKU dan dinyatakan tidak terdaftar lagi pada Register Negara Akuntan.

PMK No. 25 tahun 2014 dapat didownload disini dan Formulir registrasi ulang dapat diminta langsung pada IAI melalui email ataupun format Ms. Excelnya dapat anda lihat dan download disini.

Sekian informasi dari saya, semoga bermanfaat bagi pembaca. Salam sejahtera, wassalamu’allaikum wr.wb.

 

*Sumber Informasi: Majalah CPA Indonesia – Ed. 1, sumber gambar: iaiglobal.or.id

4 thoughts on “Daftar Ulang Akuntan Beregister Negara

  1. Dewinta says:

    Saya sdh mencoba beberapa kali registrasi ulang, tetapi belum berhasil. Mohon info kepada siapa atau nomor yang dapat saya hubungi utk konfirmasi. Terima kasih.

    • Sudah coba kirim berkas2 persyaratan ke kantor IAI? untuk tanya detailnya bisa hubungi IAI pusat 021 3190 4232 kalau mba dewinta. Atau jika di kota mba ada kantor perwakilan IAI, bisa tanyakan langsung kesitu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s