Cara membayar BPJS Kesehatan dari internet banking mandiri

Morning readers,

Sudah lama sekali saya tidak posting artikel. Info ini saya rasa sangat bermanfaat, sehingga di sela kesibukan pekerjaan saya, saya sempatkan untuk menulis artikel ini.

Saya telah menjadi staf audit selam dua tahun belakangan, sehingga urusan BPJS ataupun jamsostek saya telah di urus oleh pihak perusahaan. Bulan ini saya baru mendaftarkan Nenek saya di BPJS kesehatan individu. Next time saya akan share cara daftar BPJS online, sangat mudah dan efisien guys!

Bagi teman-teman yang memiliki kesibukan dan tidak sempat keluar untuk membayar transaksi keuangan, saya sangat sarankan untuk daftar internet banking atau mobile banking. Really helpful among our tight activities. Nah diantara banyaknya bank saya akan share tentang internet banking mandiri, karena saya adalah nasabah mandiri. Dari sekian banyaknya layanan IB mandiri, saya akan sharing tentang pembayaran BPJS kesehatan.

Jujur saja, saya saat pertama kali mau bayar pun bingung harus pilih menu apa di opsi “pembayaran”. Maka dari itu, saya tidak ingin ada rekan lain yang kebingungan juga. Just check this out, cara bayar BPJS Kesehatan di Internet Banking Mandiri:

  • Login

01

  • Klik tab “Bayar” di sebelah kiri

02

  • Pilih sub-tab “Asuransi”

03

  • Masukkan data
    1. Dari rekening mana akan dibayarkan
    2. Penyedia jasa, pilih “BPJS Kesehatan Individu” bagi yang individu/bayar sendiri. Untuk BPJS kesehatan badan bisa memilih opsi “BPJS Kesehatan Badan”
    3. Nomor Virtual Account di Bank Mandiri
    4. Jumlah bulan dibayar, isi dengan angka 1. Hal ini maksudnya anda akan membayar iuran 1 bulan
    5. Checklist “Simpan di daftar pembayaran” untuk mempermudah transaksi selanjutnya. Beri keterangan, contoh “BPJS Kesehatan nenek”. Hal ini hanya untuk mempermudah transaksi pembayaran selanjutnya.

04

  • Klik Lanjutkan
  • Anda akan diberi kode untuk di input di token.
  • Gunakan token seperti transaksi internet banking standar.
  • Masukkan kode dari token ke kolom yang tersedia di layar internet banking anda.
  • Klik OK/Lanjutkan.
  • Tunggu notifikasi keberhasilan transaksi.
  • Ingat untuk cek saldo/mutasi rekening anda, untuk memastikan bahwa saldo yang terpotong adalah sesuai dengan kelas BPJS anda, baik kelas I, II, maupun III

Nah sekian sharing berdasarkan pengalaman saya. Semoga bermanfaat dan berhasil bagi yang menggunakan informasi ini.

 

Regards,

Endah Riwayatun (Batam, 20 Oktober 2015)

 

 

Leave a Reply

