Mimpi bisa menjadi tanda penyakit

sakit2-730x400

Good day readers,

Saya membaca satu artikel yang insya allah akan berguna untuk readers dan saya pribadi nih. Karena keterbatasan waktu dan dateline pekerjaan, saya sadur sepenuhnya dari Liputan 6 Health . Semoga bermanfaat, let’s check this out!

Mungkin Anda sudah banyak mendengar tentang arti mimpi. Tapi ini berbeda, dalam sebuah penelitian, mimpi dikaitkan dengan kesehatan Anda. Mengalami mimpi aneh atau terbangun di malam hari misalnya, ini memengaruhi kondisi jantung, migrain atau kurang tidur.

Lebih jelasnya, berikut bahasan makna mimpi yang berkaitan dengan kesehatan.

1. Mimpi buruk

Seperti dikutip laman News, Rabu (16/10/2013) Profesor Jim Horne dari Universitas Loughborough mengatakan mengonsumsi pil yang mengatur tekanan darah akan memicu mimpi buruk.

Bahkan dalam studi yang melibatkan 6.000 orang yang mengalami penyakit jantung merasa seringkali mimpi buruk, tiga kali lipat dari biasanya. Dan hal ini membuat nyeri dada meningkat tujuh kali lipat.

Maka itu, para peneliti menyimpulkan mimpi itu terkait dengan kesehatan karena adanya suplai oksigen ke otak. Dan mimpi buruk bisa jadi merupakan tanda kondisi jantung tidak sehat, beta-blocker (gangguan kecemasan), migrain, sulit tidur

2. Mimpi yang tidak biasa

Kemungkinan penyebabnya mungkin suhu kamar terlalu panas atau dingin di malam hari. Tapi mimpi seperti ini terkait hormon dan sakit kronis.

Prof Horne mengatakan, kepanasan atau kedinginan di malam hari dapat menyebabkan seseorang aktif bermimpi.

“Beberapa wanita mengatakan bahwa mereka memiliki banyak mimpi ketika sedang haid. Biasanya ini karena wanita merasa tidak nyaman karena kembung atau kram,” kata Horne.

Selain itu menurut Prof. Horne, insomnia dan nyeri juga dapat menyebabkan orang untuk bangun berulang kali pada malam hari.

3. Mimpi diserang

Dr Oscroft mengatakan orang yang sering memukul atau menggelepar dalam tidur diperkirakan menderita gangguan perilaku. Dan ini tampaknya disebabkan oleh kerusakan pada bagian tertentu di otak.

Kondisi ini menyebabkan seseorang cenderung bermimpi kekerasan dan itu sangat mengganggu, contohnya saja seperti diserang atau diusir atau melibatkan si pemimpi untuk menyerang secara fisik di tempat tidur tanpa sadar.

Mungkin ini yang membuat Dr Oscroft mengatakan bahwa mimpi diserang menjadi tanda awal dari penyakit seperti Alzheimer atau parkinson.

“Saya selalu memperingatkan orang-orang didiagnosis penyakit tersebut untuk melihat penyakit neurologis seperti tremor atau kehilangan memori karena hal ini akan memungkinkan mereka untuk mendapatkan pengobatan dini,” kata Dr Oscroft.

4. Mimpi terbangun

Bila Anda pernah bermimpi dan di mimpi tersebut Anda sudah terbangun, kemungkinan penyebabnya adalah makanan berlemak, obesitas, stres atau depresi.

Meskipun dokter tidak yakin alasannya tetapi orang-orang dengan depresi atau stres selalu bermimpi seperti ini.

Prof Horne mengatakan, terbangun oleh mimpi juga dapat disebabkan oleh refluks asam. Hal ini terjadi ketika Anda terlalu banyak makan sebelum tidur sehingga akan membuat tekanan pada katup antara perut dan kerongkongan.

5. Mimpi masa lalu atau mimpi aneh

“Jika ada orang yang memiliki mimpi aneh, mungkin penyebabya adalah akibat konsumsi alkohol atau obat dalam dosis tinggi.

Dr Patrick McNamara dari Boston University Medical School mengatakan selain alkohol, obat-obatan juga dapat memicu mimpi buruk.

6. Mimpi bercinta

Mimpi bercinta memang sangat umum dialami di segala umur. Namun khusus untuk Anda yang berusia 60 tahun dan masih mimpi bercinta, ini berhubungan dengan peningkatan kreativitas.

Menurut psikolog, Ian Wallace, banyak kliennya yang berusia 60 sampai 70-an melaporkan beberapa kali mimpi bercinta.

“Menurut saya, orang di usia tersebut dan mimpi bercinta sering berkaitan dengan hobi baru di masa pensiun,” jelasnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s