Tanya Jawab tentang Lucid Dream (Mimpi Sadar)

Mimpi sadar (Inggris: Lucid dream) adalah sebuah mimpi ketika seseorag sadar bahwa ia sedang bermimpi. Istilah ini dicetuskan oleh psikiater dan penulis berkebangsaan Belanda, Frederik (Willem) van Eeden (1860–1932).Ketika mimpi sadar, si pemimpi mampu berpartisipasi secara aktif dan mengubah pengalaman imajinasi dalam dunia mimpinya. Mimpi sadar dapat terlihat nyata dan jelas.
Sebuah mimpi sadar dapat muncul melalui dua cara. Mimpi sadar akibat mimpi (dream-initiated lucid dream; DILD) berawal sebagai mimpi biasa, dan si pemimpi langsung menyimpulkan bahwa ia sedang bermimpi, sementara mimpi sadar akibat terjaga (wake-initiated lucid dream; WILD) terjadi ketika si pemimpi pindah dari keadaan terjaga biasa ke keadaan bermimpi tanpa mengalami ketidaksadaran.
Berikut tanya jawab seputar Lucid Dream, Just check it by yourself!

what-is-lucid-dreaming

Apa perbedaan antara Lucid Dream dan mimpi biasa?
Yang membedakan intinya adalah satu kata :  Kesadaran.  Dalam Lucid Dream, kita benar-benar mengalami segala sesuatu di dalam mimpi secara sadar, sedangkan di dalam mimpi biasa, kita seolah-olah hanya menyaksikan atau menonton hal-hal di dalamnya. Setelah terbangun, kita bisa mengingat dengan sangat jelas hal-hal di dalam Lucid Dream, sementara jika kita bermimpi biasa, akan ada hal-hal yang hilang dalam ingatan kita.
Apa manfaat Lucid Dream?
Tentu saja, tujuan utama merasakan Lucid Dream adalah untuk menikmati kehidupan di dunia mimpi, di mana kita bisa mendapatkan berbagai pengalaman yang sangat menyenangkan.  Tujuan lain adalah untuk memenuhi keinginan yang tidak bisa tercapai di dunia nyata.  Karena dalam lucid dream kita bisa mengontrol segala sesuatu di dalamnya, maka untuk mengatur berbagai hal yang ingin kita capai akan menjadi hal yang sederhana.  Manfaat lain dari Lucid Dream adalah untuk meningkatkan kemampuan dalam memecahkan masalah, mengatasi fobia dan trauma, meningkatkan kreativitas, dan menambah rasa percaya diri.
Apa saja yang bisa kita lakukan dalam kondisi Lucid Dream?
Sangat banyak dan bervariasi.  Kita bisa mencoba apapun dan menjadi apapun di alam mimpi.  Pengalaman paling umum adalah merasakan terbang dari satu tempat ke tempat lainnya.  Ada pula penjelajahan ke dimensi lain, interaksi dengan orang-orang yang ada di alam bawah sadar anda (subconscious) dan lain-lain.  Perlu diingat, indra penglihatan, pendengaran, peraba, perasa, dan penciuman anda tetap aktif dalam lucid dream. Anda bahkan bisa mengalami berbagai emosi seperti rasa senang,sedih, terharu, bahagia, dan lain-lain.  Ada 3 kategori Lucid Dreamer, dan berikut adalah hal-hal yang bisa dialami :
A.  Tingkat Pemula
Berjalan menembus tembok, menggambar di langit, terbang di angkasa, menjelajah dunia mimpi.
B.  Tingkat Menengah
Makan, berkencan atau bertemu tokoh-tokoh yang selama ini hanya ada dalam imajinasi anda seperti artis, olahragawan, politikus, pahlawan, tokoh kartun, dan lain-lain.
C.  Tingkat Ahli
Berhubungan seksual, merasakan kehidupan setelah mati, mendapatkan inspirasi untuk diterapkan ke dunia nyata (contoh :  ide untuk menulis buku, membuat film, dan sebagainya)
Adakah dampak negatif Lucid Dream?
Selama tidak dilakukan secara berlebihan, tidak ada dampak fisik negatif dari Lucid Dream.  Beberapa kasus stres mungkin muncul jika Lucid Dream anda bersifat mengerikan atau menakutkan.  Dalam kasus lucid dream yang akut, beberapa orang mungkin kehilangan motivasi di dunia nyata karena mereka merasa bisa mendapatkan apapun di dunia mimpi.  Satu hal yang anda harus ingat, segala hal dalam Lucid Dream hanyalah mimpi, tidak ada yang berupa kenyataan.
Tahapan dan Langkah-Langkah Lucid Dream :
1.  Tidur dalam kondisi serileks mungkin, dengan pakaian longgar dan santai.
2. Kontrol pernafasan dan konsentrasi. 
Cobalah untuk memperlambat pernafasan, namun tetap berkonsentrasi ke organ-organ tubuh anda, mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki.  Cara ini pernah dibahas dalam blog Wikumagic, di artikel tentang Astral Projection.
3.  Jaga pikiran tetap sadar, namun santai.  
Jika anda berusaha tersadar namun tidak santai, anda tidak akan bisa tertidur.  Berusahalah untuk melakukan hal-hal yang bisa membuat anda tetap sadar dalam kondisi rileks, seperti menghitung domba atau membayangkan diri anda naik turun tangga.
4.  Sleep Paralysis.  
Kondisi ini adalah tahapan utama ke arah Lucid Dream.  Ini adalah tahap di mana sering disebut sebagai “tindihan”.  Anda mungkin akan merasa ditindih oleh sesuatu yang sangat berat, susah bernafas, tubuh serasa berputar dan terlempar.  Ingat, jangan terbangun saat mencapai tahap ini.  Jika anda bangun karena merasa ketakutan, Lucid Dream anda akan gagal.
5.  Black Out.  
Periode transisi di mana anda merasa memasuki ruang hitam kelam.  Akan berlangsung selama beberapa saat, dan sekali lagi jangan sampai terbangun.
Nah, setelah melewati tahapan ini, anda akan mulai merasakan suatu sensasi, entah berupa penglihatan atau suara, yang intinya berarti anda telah memasuki dunia mimpi dan siap untuk menjelajahinya.  Ingat, jangan mengeluarkan emosi terlalu ekstrim, seperti terlalu bahagia, terlalu marah, atau terlalu takut, karena hal-hal tersebut bisa membuyarkan Lucid Dream.  Intinya hanya satu, tetap konsentrasi.
Cara Mendapatkan Lucid Dream
Jadi, bagaimana anda bisa mengalami Lucid Dream?
Intinya adalah dua hal :  Mengetahui dan menyadari bahwa anda sedang di dunia mimpi dan terus menerus mengecek kesadaran anda.
Metode ini bisa dicapai dengan langkah-langkah berikut :
1.  Cek realitas dan kesadaran anda; Kenali tanda-tanda mimpi
Cobalah untuk membiasakan diri mengecek realita dan kesadaran anda, bahkan ketika anda tidak sedang bermimpi.  Tanyakan ke diri anda sendiri :  Apakah saya bermimpi?  Contohnya adalah memastikan jarum jam tetap berjalan, atau mengecek gaya gravitasi.  Jika anda melakukan hal tersebut di dalam mimpi, akan terjadi suatu keanehan (misal, di dunia mimpi jarum jam tidak berjalan, ada kemungkinan benda-benda terbang melawan gravitasi).  Nah, jika keaneahan tersebut terjadi dan anda menyadarinya, selamat…anda telah mengalami Lucid Dream dan bisa mulai menjelajah mimpi.
2.  Ingatlah mimpi anda
Cobalah untuk mengingat setiap mimpi anda, dan catat mimpi-mimpi anda dalam buku catatan setelah anda mengalaminya.  Teknik ini disebut dengan pembuatan jurnal mimpi.
3.  Berusaha bangun di tengah tidur anda
Waktu terbaik adalah menjelang pagi, di mana anda masih memiliki cukup waktu untuk melanjutkan tidur anda.  Setelah terbangun, minum banyak air putih, berusahalah mengingat mimpi anda sebelumnya, dan lanjutkan tidur.
4.  Visualisasi dan Sugesti
Sebelum tidur, bayangkan berbagai hal-hal fantastis seperti terbang di angkasa, melukis di atas awan, atau hal-hal lainnya.  Lalu katakan pada diri anda sendiri berulang-ulang “Saya akan mengalami Lucid Dream dan mencatatnya dalam jurnal mimpi.
5.  Dengarkan gelombang musik untuk mempermudah proses Lucid Dream
6.  Sabar dan terus berlatih
Lucid dream adalah sesuatu yang harus terus menerus dilatih, dan mungkin tidak bisa langsung berhasil dalam satu kali percobaan.  Jika gagal, cobalah untuk mereview lagi metode yang anda lakukan, dan jangan putus asa.  Terus berlatih, dan berlatih.
Satu hal lagi yang perlu diingat, ada batasan-batasan dalam Lucid Dream.  Anda mungkin bisa mengontrol mimpi, namun tidak 100% karena bagaimanapun, mimpi adalah sebuah dimensi lain dari kehidupan anda.
nah.. berikut nih ada langkah langkah induksi di dalam Lucid dream…ada 2.. ada Wake induce & Dream induce.. berikut penjelasannya.. ^^
WAKE INDUCE :
 
A. WILD (Wake Induced Lucid Dreams), adalah teknik yang dilakukan dengan ‘kesadaran’ orang terebut untuk masuk ke fase lucid. Atau dengan kata lain kita tidak tidur dalam arti sebenarnya dan tetap terjaga hingga melewati fase REM (Rapid Eye Movement) dan Sleep Paralyze yang dimana akan langsung terhubung ke dunia lucid.
* Langkah-langkah :
1. Relaks, dan tanamkan secara tegas sebelum tidur bahwa ‘saya akan melakukan lucid dreaming’.
2. Pejamkan mata, visualisasikan hal yang tidak membutuhkan imajinasi atau emosi tinggi (seperti gradasi warna, landscape, dll). Tetap usahakan diri anda agar tetap terjaga dan tidak terbawa untuk masuk ke deep sleep.
3. Nikmati segala fase yang dirasakan, entah itu getaran/tarikan/dll. Jangan pernah berontak ketika fase ini terjadi.
4. Anda akan segera masuk ke fase sleep paralyze, hal terpenting adalah jangan memunculkan rasa takut anda sedikit pun disini. Ini fase dimana anda seolah terbangun, tetapi tidak dapat menggerakan anggota tubuh anda.
5. Tunggu beberapa saat. Tidak lama kemudian anda akan merasa terjatuh ke dalam lubang dan visualisasi anda akan blur/gelap.
6. Sekarang silahkan coba gerakkan anggota tubuh anda, berhasil bukan?
B. FILD (Finger Induced Lucid Dream), adalah teknik yang ditemukan oleh member DreamViews bernama hargarts. Teknik ini dilakukan dengan bantuan gerakan-gerakan jari yang akan membantu kita untuk masuk ke fase lucid.
* Langkah-langkah :
1. Set alarm sekitar 2-3 jam setelah anda tertidur, lalu bangun.
2. Cobalah relaks, pejamkan mata.
3. Sekarang gerakkan jari jemari anda (jari telunjuk & tengah) keatas dan kebawah seolah anda sedang bermain piano. Lakukan dengan perlahan tanpa mengeluarkan energi berlebih.
4. Setelah sekitar 20-30 detik, lakukan reality check dengan cara nose plugging (menutup lubang hidung), jika anda bisa bernafas, berarti anda telah masuk ke dalam dunia lucid. Tapi jika anda gagal, cobalah tidur selama beberapa menit terlebih dahulu, lalu ulangi cara ini dari awal.
C. CILD (Chakra Induced Lucid Dream), adalah teknik yang menggunakan bantuan Third Eye Chakra untuk mencapai fase lucid dream. Posisi mata ketiga ada di antara kedua alis mata.
* Langkah-langkah :
1. Posisikan mata anda ke Third Eye, perhatikan baik-baik, tahan posisi mata anda dan pejamkan.
2. Setelah terpejam afirmasikan diri anda bahwa saya akan melakukan lucid dreaming, lalu visualisasikan diri anda sedang berada pada fase lucid.
3. Jika setelah kira-kira 3 menit anda belum juga tertidur, buka mata, kembalikan dalam posisi normal dan cobalah kembali tidur.
P.S : Teknik ini belum tentu cocok untuk semua orang, jika dirasa kurang nyaman dimohon untuk tidak dilakukan.
D. EILD (Electrical/External Induced Lucid Dreams), adalah teknik yang menggunakan alat bantu eksternal untuk mencapai fase lucid dream. Contohnya seperti Googles Nova Dreamer, Vibrating Watch, Brainwaves, dan program/alat induksi lainnya.
DREAM INDUCE :
A. DILD (Dream Induced Lucid Dreams), adalah teknik yang menggunakan ‘kepekaan’ diri terhadap mimpi untuk mencapai fase lucid dream. Atau dengan kata lain ketika anda sedang bermimpi, anda sadar ini adalah mimpi, dan dengan keinginan untuk lucid dream, anda akan masuk dan dapat melakukan dream bending.
* Langkah-langkah :
1. Niatkan diri untuk melakukan lucid dream, lalu lakukan tidur secara normal.
2. Selalu berpikir kritis dan logis. Sehingga ketika anda sedang bermimpi muncul suatu hal yang tidak rasional (seperti bertemu orang yang sudah meninggal/berbicara dengan makhluk lain), anda akan langsung tersadar dan berkata, “Ini mimpi!”, lalu cobalah untuk menggerakan anggota tubuh anda.
* Alternatif :
1. Biasakan melakukan Reality Check, karena RC adalah salah satu penyebab besar terjadinya lucid dream. Khususnya ketika bangun tidur atau ketika anda berada di tempat tidur, hal ini dilakukan agar meminimalisir terjadinya false awakening.
2. Membuat sign, umumnya berupa sebuah coretan huruf/kata di anggota tubuh (lengan) menggunakan pena/pisdol. Terus ingat selalu tanda tersebut, tanamkan kedalam memori anda bahwa “Jika saya bermimpi tanda ini akan selalu muncul”. Jika komunikasi alam bawah sadar berhasil, niscaya anda akan dapat menemukan tanda itu ketika dalam mimpi.
B. DEILD (Dream Exit Induced Lucid Dreams), adalah teknik yang menggunakan kesadaran diri pada fase REM untuk mencapai fase lucid dreaming.
* Langkah-langkah :
1. Niatkan diri untuk melakukan lucid dream, lalu lakukan tidur secara normal. (sebelumnya pastikan bagi yang ingin menggunakan teknik ini sudah memiliki dream recall yang cukup baik)
2. Teknik ini didasari pada fase REM, ketika anda bermimpi berarti anda berada pada salah satu perputaran fase REM. Jadi usahakan diri untuk terbangun ketika fase REM/mimpi itu selesai, tetapi jika dirasa sulit set alarm/Lucid Timer sekitar 3 – 4 jam setelah anda tidur. (usahakan menggunakan suara reminder/alarm yang soft [jangan lupa juga set alarm akan mati secara otomatis setelah 1 – 2 menit])
3. Ketika alarm soft ini berbunyi anda akan berada pada posisi ‘antara bangun dan tidak’. Tetapi ingat, jangan melakukan gerakan apapun! Hal ini ditujukan agar tubuh masih bisa kembali ke fase REM dengan kesadaran, atau dengan kata lain masuk mimpi dengan sadar dan anda akan dapat melakukan lucid dream.
4. Niknmati semua fase yang dirasa, karena teknik ini umumnya juga melewati sleep paralyze tetapi dalam waktu yang lebih singkat. Teknik ini juga bisa kita sebut dengan ‘Short WILD’.
C. MILD (Mnemonic Induced Lucid Dreams), adalah teknik yang ditemukan oleh Dr. Stephen LeBerge. Teknik ini dilakukan dengan bantuan afirmasi dan mimpi yang sebelumnya telah terjadi.
* Langkah-langkah :
1. Niatkan diri untuk melakukan lucid dream, lalu lakukan tidur secara normal. (sebelumnya pastikan bagi yang ingin menggunakan teknik ini sudah memiliki dream recall yang cukup baik)
2. Sebelum tertidur, tanamkan kepercayaan kepada pikiran alam bawah sadar bahwa nanti ketika bermimpi anda akan lekas terbangun dan mengingat segala detail dan dream sign mimpi. (dapat juga dengan memasang alarm 4 – 4.5 jam setelah kita tidur)
3, Setelah terbangun, langsung catat mimpi yang tadi kalian alami di sebuah buku (Dream Journal), usahakan untuk melakukan dream recall dengan sebaik mungkin.
4. Cobalah untuk kembali tidur, visualisasikan mimpi tadi dengan detail, dan usahakan untuk masuk kembali dalam mimpi tersebut untuk ‘melanjutkan’ mimpi yang sudah kalian alami. Sebut secara konstan dalam hati: “Ketika nanti saya bermimpi, saya akan sadar, dan saya akan melakukan lucid dreaming”.
5. Ingat, selalu aware untuk segala dream sign dan melakukan reality check .
5. Welcome to the dream world!
*NOTE : Semua teknik induksi diatas dianjurkan dilakukan dengan menggunakan bantuan WBTB.
A.1. WBTB (Wake Back To Bed), dalam aplikasinya WBTB dapat dilakukan untuk mengoptimalkan semua teknik-teknik lucid dreaming. Teknik ini mengaharuskan anda untuk tidur sebelumnya, dan setelah 3-4 Jam bangunlah sebentar, minum segelas air putih. Lalu lanjutkan tidur anda dengan menggunakan teknik induksi yang anda inginkan.

lucid-dreaming

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s